Tembus atmosfer, raih bintang ilmu pengetahuan

Jarkomdat - Resume 2 : Komputer dan NIC (Network Interface Card)

| Tuesday 20 September 2011
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
1.      Komputer mempunyai beberapa keunggulan, di antaranya sebagai berikut :
2.      Mempunyai kecepatan yang tinggi dalam mengolah data.
3.      Mempunyai kemampuan mengolah data dengan cepat.
4.      Data yang diolah dapat dipercaya.
5.      Mempunyai memori yang tajam.
6.      Mempunyai ketelitian yang tinggi pada saat mengolah data.
7.      Dapat menyimpan data.
Perangkat Keras pada Casing
Casing adalah rumah bagi perangkat keras utama komputer. Di dalamnyaCasing adalah rumah bagi perangkat keras utama komputer. Di dalamnya terdapat motherboad dengan processor dan memory. Casing juga menjadi tempat mendudukkan hardisk dan CD-ROM drive. Selain sebagai pelindung fisik, casing yang baik juga berfungsi sebagai penyalur panas yang dihasilkan komponen elektronika komputer. Penyaluran panas akan lebih sempurna dengan bantuan cooler (pendingin) yang sesuai.
Perangkat keras komputer yang terdapat pada casing adalah Arithmatic Logical Unit (ALU), memory, media penyimpan data, motherboard, VGA card, dan sound card.
1.      CPU
CPU tersusun dalam beberapa komponen, an-tara lain sebagai berikut :
a.       Aritmathic Logical Unit (ALU)
b.      Storage
-          Random Access Memory (RAM)
-          External storage (secondary storage)
2.      Control Unit
a.       Memori (External)
b.      Hardisk
c.       Disket
d.      Flash Disk.
e.       CD-RW (Compact Disk Rewitable)
f.       DVD (Digital Versatile Disc)
g.      DVD-RW (Digital Versatile Disc-ReWriteable)
3.      MotherBoard
Motherboard lebih kita kenal dengan mainboard adalah perangkat kom-puter yang berfungsi sebagai tempat perangkat seperti processor, memori, VGA card, Sound card, dan LAN card. Setiap perangkat yang terdapat dalam mainboard mempunyai tempat sendiri-sendiri yang disebut dengan slot serta mempunyai jalur-jalur koneksi yang memungkinkan perangkat komputer dapat berkomunikasi.
4.      VGA Card
VGA Card adalah perangkat komputer yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal gambar. VGA Card dapat mengubah data-data dalam bentul digital, kemudian ditampilkan dalam bentuk gambar pada layar monitor.
5.      Sound Card
Sound card adalah perangkat komputer yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara. Sound card dapat mengubah data-data suara, seperti lagu-lagu yang kita simpan dapat didengar melalui speaker yang terhubung ke komputer.
Sound card adalah kartu yang terpasang pada motherboard. Kemudian bagian yang lain dilengkapi dengan plug ini untuk memasang kabel yang menghubungkan ke perangkat input (microphone) dan output suara (speaker).
NIC (Network Interface Card), juga disebut sebagai  Network Adapter,digunakan untuk menghubungkan cmputer ke kabel yang digunakan padalocal area network (LAN). Umumnya, NIC ditempatkan pada komputerexpansion bus  melalui slot ISA (8 bit atau 16 bit) atau PCI (32 bit atau 64 bit). NIC mempunyai satu atau lebih  port eksternal yang digunakan untuk menempatkan  kabel networknya.
Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni :
1.      NIC fisik
-          Kartu NIC dengan media jaringan yang spesifik (Media-specific NIC)
-          Kartu NIC dengan arsitektur jaringan yang spesifik (architecture-specific NIC)
2.      NIC Logis

0 komentar:

Post a Comment