Tembus atmosfer, raih bintang ilmu pengetahuan

TMI - Materi - Tugas 1

| Wednesday 9 November 2011

Web Server secara umum digambarkan sebagai tempat penyimpanan halaman-halaman situs web. Sedangkan secara khusus, web server bisa dipahami sebagai suatu software yang berperan sebagai Server (pemberi layanan) untuk menerima permintaan HTTP (HTTPS) dari client (peminta layanan) melalui Web Browser dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman website. Sangat banyak contoh web server yang ada. Berikut contoh web server:
1.      Nginx
Nginx (pengucapan engine-x) merupakan web server dan  reverse proxy server untuk HTTP, SMTP, POP3 dan IMAP protokol, dengan fokus yang kuat pada konkuresi tinggi, kinerja dan memoty yang digunakan rendah.
Nginx menggunakan pendekatan asynchronous-event, berbeda dengan Apache yang menggunakan pendekatan berulir.
Awalnya nginx dikembangkan oleh Rambler untuk situs yang dia miliki. Tapi seiring perkembangannya, nginx menjadi web server yang sangat populer. Menjadi web server ke-tiga dunia yang paling banyak digunakan dan aktif.

2.        Google Web Server (GGS)
GGS merupakan kustom yang berbasis Linux Web server. Web server ini hanya digunakan google untuk layanan online. Menurut google, web server tidak berbasis pada Apche.

3.      Lighttpd
Lighttpd (diucapkan "lighty") adalah web server open source yang lebih dioptimalkan untuk kecepatan-kritis lingkungan daripada produk yang umum, sementara sisanya standar-compliant, aman dan fleksibel. Pada awalnya ditulis oleh Jan Kneschke sebagai bukti konsep dari masalah c10k - bagaimana menangani 10.000 sambungan secara paralel pada satu server, tetapi telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia.

4.      Sun ONE
Sun ONE adalah merek di mana Sun Microsystems digunakan untuk produk perangkat lunak pasar server.  Sun ONE adalah singkatan dari Sun Open Net Environment. Diperkenalkan pada 15 April 2002 untuk menggantikan merek iPlanet, setelah berkahirnya aliansi Sun-Netscape. Pada 16 September 2003, Sun One digantikan dengan nama merek Sistem Sun Java.
Sun ONE merupakan hasil dari aliansi antara Sun dengan Netscape Communications Corporation. Nama Sun ONE juga digunakan untuk produk Sun lainnya.

5.      IIS
IIS atau Internet Information Services atau Internet Information Server adalah sebuah HTTP web server yang digunakan dalam sistem operasi server Windows, mulai dari Windows NT 4.0 Server, Windows 2000 Server atau Windows Server 2003. Layanan ini merupakan layanan terintegrasi dalam Windows 2000 Server, Windows Server 2003 atau sebagai add-on dalam Windows NT 4.0. Layanan ini berfungsi sebagai pendukung protokol TCP/IP yang berjalan dalam lapisan aplikasi (application layer). IIS juga menjadi fondasi dari platform Internet dan Intranet Microsoft, yang mencakup Microsoft Site Server, Microsoft Commercial Internet System dan produk-produk Microsoft BackOffice lainnya.
IIS telah berevolusi semenjak diperkenalkan pertama kali pada Windows NT 3.51 (meski kurang banyak digunakan) hingga IIS versi 6.0 yang terdapat dalam Windows Server 2003. Versi 5.0 diintegrasikan dalam Windows 2000, sedangkan Windows XP Professional memiliki IIS versi 5.1. Windows NT 4.0 memiliki versi 4.01 yang termasuk ke dalam add-on Windows NT Option Pack. Dalam Windows NT 4.0 Workstation atau Windows 95/98, IIS juga dapat diinstalasikan sebagai Microsoft Personal Web Server (PWS).


Sumber:

0 komentar:

Post a Comment