Tembus atmosfer, raih bintang ilmu pengetahuan

Jarkomdat - Resume 3 : Network Device

| Wednesday 14 December 2011

Network device merupakan komponen yang digunakan untuk menyambungkan antar kkomputer atau perangkat elektornik lainnya sehingga mereka bisa salaing terkoneksi dan bisa berbagi file maupun perangkat keras lainnya seperti printer. Berikut contoh-contoh network device:
1.      Network device yang umum digunakan
-          Router
Alat yang dapat menentukan jalur jaringan untuk tujuan meneruskan paket data. Tidak seperti gateway, router tidak bisa pada interface protokol yang berbeda. Hanya bekerja pada OSI Layer 3.
-          Bridge
Sebuah alat yang mengkoneksikan beberapa segmen jaringan sepanjang data link layer. Bekerja pada OSI Layer 2.
-          Switch
Alat yang mengalokasikan lalu lintas dari sebuah segmen jaringan ke jalur tertentu yang menghubungkan segmen ke segmen-segmen lainnya. Tidak seperti hub, switc akan membagi jaringan dan mengirimnya ke tujuan yang berbeda, bukan pada semua sistem yang terhubung ke jaringan. Bekerja pada OSI Layer 2.
-          HUB
Menghubungkan beberpa segmen Ethernet secara bersama dan membuat mereka seolah-olah menjadi satu segmen. Bekerja pada OSI Layer 1.
-          Repeater
Alat yang digunakan untuk memperkuat sinyal yang lemah. Bekerja pada OSI Layer 1.
2.      Beberapa network device hibrid
-          Multilayer switch
Sebuah switch, selain pada switch pada OSI Layer 2, yang menyediakan fungsionalitas pada layer protokol yang lebih tinggi.
-          Protocol converter
Sebuah alat yang mengubah antara dua jenis tranmisi. Seperti transmisi asynchronous dan synchronous.
-          Bridge router (B router)
Menggabungkan router dan bridge secara fungsional, dan bekerja pada OSI Layer 2 dan 3.
3.      Komponen hardware atau software yang biasanya berada pada titik koneksi jaringan yang berbeda. Misalnya pada jaringan internal dan jaringan eksternal:
-          Proxy
Sebuah layanan jaringan komputer yang memungkinkan untuk membuat koneksi jaringan tidak langsung ke layanan jaringan lainnya.
-          Firewall
Bagian dari hardware atau software yang diletakkan pada jaringan untuk mencegah beberapa komunikasi terlarang oleh kebijakan jaringan.
-          Network address translator
Penyedia layanan jaringan berupa hardware atau sofware yang mengubah jaringan internal ke jaringan eksternal dan sebaliknya.

Sumber:


0 komentar:

Post a Comment